Senin, 24 November 2014

Pak Mendikbud: Guru Honorer Kerja Rodi, Guru PNS Tukang Perintah

SINAR POS Semoga Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan Anies Baswedan ada yang memberi masukan tentang keluhan ini. Keluhan ini saya catat dari seorang tenaga guru honorer yang pada tahun 2013 lalu sudah mundur karena tidak tahan dijadikan kerja rodi, semacam kerja paksa oleh pihak Kepala Sekolah ddan guru-guru lain yang tentu saja sudah PNS namun tidak bisa mengerjakan laporan yang sekarang berbasis IT yang tentu saja mereka rata-rata gaptek. Makanya, jadinya guru honorer yang rata-rata muda-muda, melek IT menjadi bulan-bulanan kerja namun duitnya atau gajinya gak pernah naik. Padahal guru honorer tadi sudah mendapatkan NUPTK tinggal menunggu CPNS yang entah kapan - hanya Tuhan yang tahu - karena amburadulnya administrasi teknis di berbagai lembaga dan instansi di tanah air, walau sudah ada Kementerian yang menangani masalah ini. Tadi malam saya berkunjung ke suatu tempat karena minta bantuan yang berhubungan dengan pelaporan berbasis IT. Tentu saja saya banyak tanya sana-sini soal itu. Akhirnya, dia - sebut saja Mas Adi -cerita pengalaman dia sebagai guru honorer yang akhirnya memilih berhenti pada tahun 2013 lalu. Dan saya mendukungnya dia berhenti karena kemampuan dia di bidang IT, bahkan saat ini dia sudah membuka kursus kumputer, servis dan jasa di bidangnya itu bahkan ssudah bisa sewa rumah bertingkat. Membelinya tinggal soal waktu saja. Padahal sewaktu menjadi guru honorer cuma digaji digaji Rp 700.000 perak tapi kerjanya seperti rodi atau kerja paksa zaman penjajahan dulu, yang entah kapan bisa membeli rumah RSS yang bagaikan mimpi di siang bolong. Impian indah itu saat ini sudah did epan mata setelah berhenti dari guru honorer. Alhamdulillah… Memang pada awal mulanya kerja normal yaitu mengajar. Karena kemampuan dan keahliannya di bidang IT -bahkan dia sambil meneruskan kuliah di bidang tersebut, dia memperkenalkan IT ke sekolahnya dan juga mengajarinya kepada guru-guru yang lain, sehingga fasilitas sekolah menjadi lebih baik karena sudah menggunakan infokus, dsb. Tentu saja lama-kelamaan kemampuan dia di bidang ini menjadi buah bibir di kalangan guru-guru termasuk kepsek. Singkatnya, akhirnya semua pekerjaan guru-guru lain dan kepsek dibebankan kepadanya khususnya pelaporan para guru PNS yang rata-rata mereka gaptek. Lama-lama dia mikir juga, yang enak-enak menerima gaji dan tunjangan adalah mereka yang ngajarnya semau gue, tapi yang ketiban pulungnya saya yang dikerjakan bagaikan kerja rodi. Begitu kira-kira fikirannya. Mending jika para guru-guru PNS yang ditolong itu memberi tips atas kerja dia, tapi ini pelit dan kedekut. Dimakan sendiri. Mendingan gue kabur - begitu istilah Betawinya. Tentu saja fenomena ini masih sering saya dengar dari berbagai obrolan jika guru-guru PNS dan yang guru-guru yang sudah bersertifikasi ngajarnya - motivasi mengajarnya - asal-asalan. Mentalitasnya seperti ‘gurem’, mikir cuma gaji, yang penting gaji bulanandapat walau kerja asal-asalana, masabodo soalnya mengajarnya. Seolah-olah seperti makan gaji buta. Hal ini masih terlihat jelas pada guru-guru PNS di sekolah negeri baik dari tingkat SD - ini saya kurang info -, SMP dan SMA ini cukup banyak saya dapat keluhan dari para wali murid, apalagi saat ini yang menerapkan K-13. Tentu saja ini masukan buat Menteri Dikdasmenbud yang baru untuk mereformasi kementeriannya, bahkan merestrukturasinya menjadi lebih baik dan memperhatikan guru-guru honorer jangan sampai seperti kejadian yang menimpa seperti Mas Adi diatas sehingga merugikan semuanya. salam damai,

Instruktur Senam Malah Diajak Senam Oknum Hakim

SINAR PO;BILA instruktur senam malah kesengsem “palu”-nya Pak Hakim, kacau jadinya. Di kantor Wuryanti, 30, mengajari senam, di kamar malah diajak senam khusus oleh Pak Hakim Darmawan, 36. Gara-gara kasus ini, oknum hakim di PN Demak terancam pecat dari KomisiYudisial kantor penghubung Semarang. Di manapun wanita cantik selalu bikin lelaki lali purwaduksina (lupa daratan). Di Ibukota pernah ada pejabat PLN dan Setneg masuk penjara, gara-gara pembunuhan berlatar belakang wanita cantik. Bahkan dalam kisah perwayangan, Prabu Dasamuka rela mengorbankan negri Alengka, gara-gara dia kasmaran pada kecantikan Dewi Sinta. Padahal sesungguhnya wanita itu adalah anak kandung sendiri. Seperti lazimnya kantor-kantor pemerintah, setiap Minggu pada sibuk menyelenggarakan senam pagi, dengan memanggil instruktur senam. Di PN Demak ketinggalan, agar karyawan dan para hakim sehat jasmani dan rokhani, untuk kegiatan senam diperlukan instruktur yang handal. Lalu terpilihlah Ny. Wuryanti. Di samping pintar, penampilan wanita ini memang seksi menggiurkan. Setiap melihat Wuryanti meliuk-liuk di panggung dengan pantatnya yang maju mundur, para lelaki pun pikirannya jadi macem-macem. Termasuk oknum hakim yang bernama Darmawan. Setiap melihat wanita itu mengajari senam, pikirannya jadi ngeres, lupa istri di rumah dan lupa bahwa Wuryanti juga punya suami. “Kalau kamu serius, satu putaran juga selesai Bleh,” kata setan membujuk. Bujukan setan itu benar-benar dieksekusi. Diam-diam Darmawan mendekati Wuryanti yang berbodi sekel nan cemekel itu. Dan ternyata benar, karena dirayu oknum hakim muda yang tampan, dia langsung klepek-klepek dan kemudian bertekuk lutut dan berbuka paha untuk Pak Hakim. Akhirnya, di kantor mengajari senam, di rumah Darmawan justru diajari “senam” khusus yang bikin merem melek. Lama-lama aksi mesum Darmawan -Wuryanti tercium oleh suaminya. Dia mengadu ke polisi dan minta dibantu menggerebek pasangan mesum itu di komplek Puri Nirwana, Demak.Ternyata benar, laki perempuan yang bukan suami istri itu ditemukan tidur sekamar dan seranjang. Meski tidak dalam posisi berbuat tak senonoh, namun kejadian itu sangat patut diduga bahwa keduanya sudah berbuat mesum. Kantor Penghubung Komisi Yudisial Semarang, ikut menangani kasus yang mencemarkan jajaran kehakiman itu. Hakim Darmawan bisa terancam pecat, karena setiap pejabat negara memang dilarang punya WIL, termasuk hakim Darmawan tentunya. Apa lagi hakim di mata pencari keadilan selalu disebut:Yang Mulia. Yang mulia kok jadi yang selingkuh SUMBER;
POS KOTA

Minggu, 23 November 2014

Ditanya Kapan Nikahi Sophia, Ini Jawaban Ariel

SINAR POS, SENAYAN - Vokalis grup band Noah yaitu Ariel semakin intim saja dengan berhubungan dengan aktris cantik Shopia Latjuba. Lantas kapan pemilik nama asli Nazril Ilham itu menikahi mantan istri dari Indra Lesmana? Ariel mengungkapkan dalam waktu dekat ini belum ada rencana untuk melangkang ke pelaminan. Padahal kabar yang tengah beredar Sophia sudah dekat dengan keluarga besar Ariel dan segera akan menikah. "Belum ya (soal penikahan)," ujar Ariel saat ditemui dalam peluncuran single terbaru Noah di Plaza Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (21/11/2014). Mantan kekasih Luna Maya ini beralasan dirinya tengah fokus dengan pekerjaan untuk bandnya itu. Ia mengatakan harus berkonsentrasi karena jadwal Noah sangat padat dalam waktu dekat ini. "Aku masih fokus di Noah dulu ya," ucap Ariel. SUMBER; WARTA KOTA

Waduh, Ariel Terjatuh dari Gedung Saat Syuting Video Klip

SINAR POS, SENAYAN - Hari ini, Minggu (23/11) grup band Noah akan melakukan syuting video klip untuk single terbarunya 'Seperti Kemarin'. Dalam proses pembuatannya, Ariel akan beradegan seolah-olah dirinya terjatuh dari gedung. Hal itu diungkapkan Sutradara Upie Guava, saat jumpa pers peluncuran single terbaru Noah 'Seperti Kemarin', di kawasan senayan, Jakarta. "Hari Minggu, kita persiapin untuk syuting video klip Noah. Kita mau lebih ekspos bandnya. Ariel akan digambarkan jatuh dari gedung, tapi balik ke titik yang lebih baik. Dia jatuh, tapi ngga memilih untuk balik lagi ke atas, dan dia turun kebawah lebih percaya diri," terang Upie. Tidak hanya itu, sambung Upie, ama juga aspek-aspek lirik yang akan divisualkan, dengan gaya simbolik tapi juga secara visual, agar terlihat menarik. Upie mengaku, penggarapan video klip kali ini terbilang rumit dan menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya. Pasalnya, dari beberapa single Noah sebelumnya, baru kali ini dirinya menilai musik yang digarapnya sangat segar dan berbeda. "Ini menarik banget. Mereka selalu mengejutkan kami soal materinya. Jadi, ini yang menurut saya pribadi bagus bagus banget. Jadi susah banget bikin konsepnya, dari segi musiknya juga kaya dan luar biasa. Gaya nyanyinya Ariel juga keren dan energinya kuat banget," katanya.SUMB; WARTA KOTA

Sabtu, 22 November 2014

Mendeteksi Pria Berselingkuh dari Kata-katanya

SINAR POS Jakarta - Pria punya seribu cara agar tidak ketahuan ketika dia berselingkuh. Ada yang berubah jadi cuek, namun banyak juga yang malah jadi pria yang romantis dan manis dihadapan kekasihnya. Hal tersebut dilakukannya agar tidak ketahuan bila ia sedang bermain api. Pria yang berselingkuh sebenarnya bisa dideteksi dari kata-kata yang dilontarkannya. Dikutip dari berbagai sumber, ini jawaban yang biasa dilontarkannya ketika ia sedang menyukai wanita lain. 1. 'Tenang saja, dia hanya teman' Untuk menenangkan kekasihnya, biasanya pria menyebut selingkuhannya sebagai teman. Padahal Anda sudah menaruh curiga terhadap wanita tersebut. Untuk membuat terdesak, coba saja minta kekasih Anda untuk mempertemukan kalian. Jika si dia menolak atau berkilah lagi, bisa menjadi tanda bahwa memang dia telah bermain hati. 2. 'Hargai privasiku' Ponsel memang menjadi benda pribadi, tapi tidak ada salahnya jika menunjukkan isi ponsel kepada pasangan. Nah, ketika dia melarang Anda untuk memeriksa bahkan menyentuh ponselnya, itu bisa menjadi tanda dia telah menyembunyikan sesuatu dari Anda. Dia takut pesan teks atau foto bersama si wanita akan ketahuan. 3. 'Aku masih harus lembur' Ketika si dia menjadi sangat sibuk di kantornya, bahkan hari libur pun si dia mengatakan harus bekerja, maka Anda perlu mencari tahu kebenarannya. Karena bisa jadi, dia tidak benar-benar bekerja, melainkan menemui wanita lain. 4. 'I Love You' Pria berubah menjadi manis memang menyenangkan. Tapi, Anda harus waspada jangan-jangan ada sesuatu hal yang sedang ditutupinya. Tapi, jangan langsung curiga dan menanyakan hal-hal yang memojokkannya, karena bisa saja memang ia ingin berubah jadi lebih peduli pada Anda. Anda boleh curiga ketika kata-kata manisnya tidak sejalan dengan sikapnya. Misalnya, dia berkata manis, namun dia jadi sulit ditemui. 5. 'Kamu kurang baik bagiku' Belakangan dia sering menyalahkan Anda dan berpikir semua yang Anda kerjakan salah. Ketika dia mencari-cari alasan bahwa Anda tidak baik baginya, maka kemungkinan dia telah memiliki wanita simpanan yang dianggapnya lebih baik dari Anda.SUMB; WOLIPOP

Sekali Selingkuh, Akan Terus Berselingkuh? Menurut Penelitian Itu Benar

SINAR POS Jakarta - Sekali selingkuh, selamanya akan tetap menjadi tukang selingkuh? Pepatah ini bisa jadi benar, dan telah terbukti secara ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Research in Personality, wanita yang mendapatkan kekasih dengan merebutnya dari wanita lain, besar kemungkinan akan kembali diselingkuhi oleh pria yang sama. Para ilmuwan menganalisa data dari tiga penelitian tentang hubungan asmara yang dilakukan secara terpisah. Dari tiga studi tersebut, mereka menemukan adanya kesamaan. Sebanyak 75 persen pria dan wanita di Amerika Serikat pernah, setidaknya satu kali mencoba merusak hubungan asmara seseorang atau menjauhkannya dari kekasih agar bisa bersamanya. Sekitar 50 persen dari mereka mengaku berhasil 'mencuri' kekasih orang lain untuk berhubungan asmara dengannya. Namun setelah berhasil merebut kekasih orang lain, tidak menutup kemungkinan bahwa pria dan wanita perebut itu juga akan mengalami hal yang sama. Seperti dikutip dari Women's Health, penelitian tersebut juga menungkapkan bahwa orang yang menjalani hubungan asmara karena hasil dari berselingkuh cenderung kurang bisa berkomitmen, kurang puas dan kurang berusaha pada percintaannya yang sekarang. Orang yang berselingkuh cenderung mengharapkan hubungan yang dijalaninya saat ini bisa lebih baik dari hubungan asmara sebelumnya. Alhasil mereka pun berharap kekasihnya yang sekarang (yang didapat dari hasil selingkuh) juga memiliki kualitas lebih baik dari kekasih sebelumnya yang telah diselingkuhinya. Masalahnya, ketika kekasih baru tersebut ternyata tidak sesuai ekspektasi maka dia bisa dengan mudah berpaling ke wanita atau pria lain. Risiko terjadinya perselingkuhan pun cenderung lebih tinggi ketimbang pasangan dengan masa lalu asmara yang 'bersih' (tidak pernah berselingkuh). Hal ini karena orang yang pernah atau suka berselingkuh cenderung memiliki pandangan 'rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau dari rumput sendiri'. Rasa tidak puas itulah yang memicu seseorang untuk cenderung tidak setia dalam hubungan. Hasil penelitian ini tentu saja sulit untuk digeneralisasikan. Kasus Brad Pitt dan Angelina Jolie bisa jadi pengecualian. Meskipun hubungan mereka terjalin karena Brad telah berselingkuh dari Jennifer Aniston, keduanya tetap bersama selama hampir sembilan tahun. Kini Brad dan Jolie pun telah menikah dan mengurus enam orang anaknya. Tanpa bermaksud menghakimi atau memukul rata, penelitian tersebut bisa menjadi 'pecutan' agar pria maupun wanita lebih selektif dalam memilih pasangannya dan tidak dibutakan oleh cinta. Mengetahui latar belakang seseorang sebelum memutuskan untuk resmi menjalin hubungan mungkin diperlukan untuk mencegah kekecewaan ke depannya nanti. Penelitian ini juga bisa menjadi semacam peringatan agar tidak 'bermain api' dalam hubungan asmara, jika tidak mau dikecewakan.SUMB; DETIK

Si Cantik Fika Asisten Menteri Susi Juga Siap Sedia Ikut Blusukan

Jakarta SINAR POS - Jangan remehkan Fika Fawzia sang asisten cantik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Dia lulusan S2 Singapura di bidang Public Policy. Jadi soal kerja dibidang kebijakan publik dia amat menguasai. "Saya baru 3 minggu sama Bu Susi," terang Fika yang juga alumni Fakultas Hukum UI ini, Sabtu (22/11/2014). Fika mengaku hampir 24 jam dia siap sedia menemani Susi. "Ikut juga blusukan," tambah Fika yang saat bersekolah di SMA 70 aktif di olahraga basket ini. Fika menuturkan, sebenarnya sudah lama dia kenal Susi. Saat acara tsunami dahulu dia sudah berkenalan dengan Susi. "Saya sudah kenal lama," terang Fika yang sebelumnya kerja di UKP4 ini. Kini Fika fokus membantu kerja Susi menteri yang dikenal gesit dan tegas saat bicara. Fika pun semangat menemani kerja-kerja Susi ke depan. "Semangat dong," terang dia.SUMB; DETIK